Jumat, 03 Januari 2014

Cara Mengatasi Malas Belajar
Sebagai seorang pelajar, sudah menjadi kewajiban kita untuk belajar. Dalam  belajar haruslah intensif agar apa yang telah dipelajari tidak lupa dan lebih dimengerti. Belajar tidak bisa dilakukan hanya saat akan menghadapi ulangan. Jika demikian, itu artinya kita belajar untuk mendapatka nilai yang hanya berguan unutk sekaran, bukannya ilmu yang akan berguna sepanjang masa.
Namun oh namun, jika benih-benih kemalasan sudah ditebar, apalagi ditambah ada film baru di tv, untuk menyetuh buku saja  sulit dilakukan. Jika hal ini sering dilakukan maka lama kelamaan akan mengakar dalam diri kita. Dan jika sudah tumbuh dalam diri kita, akan sangat sulit untuk membrantasnya.
Untuk bisa membunuh parasit tersebut, tidaklah mudah, membutuhkan waktu yang tidak sebentar, ketekunan dan kesabaran. Jadi sebaiknya apa yang kita lakukan untuk mengatasi parasit tersebut ?
Berikut tips-tips dari saya untuk mengatasi malas belajar:
Pertama : Remember what your parents have done for you
Ingat apa yang telah orang tuamu lakukan untukmu . Mereka rela membanting tulang untuk menafkahi kebutuhanmu. Mereka dengan setulus hati memeliharamu dari kecil hingga kamu dewasa sekarang. Mereka juga yang telah mendidikmu menjadi anak berkarakter. Dan selalu berdoa, mengharapkan semua kebaikan untukmu.
Lalu apa balas budimu untuk mereka?
Yaitu dengan membanggakan kedua orang tuamu lewat prestasi-prestasi di sekolah maupun hal-hal terpuji yang telah kamu lakukan. Tidak kah kita ingin melihat orang tua kita tersenyum bahagia. Dengan bangga mengatakan dia adalah anakku, saat kita mendapatkan peringkat satu. Ataukah dirimu mau melihat orang tua mu menahan rasa malu saat kita dinyatakan tidak lulus.  Dengan memikirkan hal ini, akan meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya belajar.

Kedua : Think about the future
Pikirkanlah masa depanmu. Ingin menjadi apakah diri kita nantinya? Dan kehidupan seperti apa nantinya yang kita inginkan? Semua itu itu tidak dapat digapai dengan instan. Seperti rayap-rayap kecil yang dapat membangun sarang raksasanya. Tidaklah mungkin dapat dibuat hanya dalam satu malam. Semua itu membutuhka proses.. Bagaiman kita bisa meraih cita-cita jika kita tidak memiliki ilmunya? Bagaimana kita mendapakan ilmunya? Dan bagaimana cara kita mengaplikasikan ilmu tersebut sebagai usaha untuk meraih cita-cita? Semua itu diawali dari belajar. Hal ini akan membuka pikiran kita bahwa belajar itu bagian penting dari proses untuk meraih cita-cita. Sehingga jika kita tidak mau belajar, ya, siap-siap menanggung resiko masa depan yang suram.  

Ketiga : study our favorite lesson
Meningkatkan semangat belajar juga dapat dipacu dengan belajar pelajaran yang kita sukai. Misalkan anda dalam situasi akan ulangan belajar yang tidak disukai. Dengan belajar bidang favorit kita, akan mewujudkan kesadaran bahwa kita harus belajar pelajaran yang diulangankan.

Ketiga : optimistic and positive thinking
Optimislah dan berpikiran positif. Dengan begitu, semua tugas – tugas yang ada tidak menjadi beban melainkan sebuah tantangan serta kewajiban kita sebagai pelajar. Selain itu kerahkanlah kemampuan maksimal dalam belajar. Agar hasil yang kita dapatkan sepadan dan tidak mengecewakan. Lalu dengan berpikiran positif, pelajaran menjadi mudah dipahami.

  Inilah tips-tips yang dapat saya berikan untuk para pelajar. Semoga dapat bermanfaat dan amput mengatasi masalah belajar kalian. Pesan saya, berjuanglah menuntut ilmu setinggi langit dan tak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini. Maka, belajar, belajar, dan belajarlah! Seperti yang dikatakan guru matematika smp saya, yaitu selama kita sekolah tiada hari tanpa belajar.

Iswanada Hasanah
X –MIPA B















Tidak ada komentar:

Posting Komentar